4 Cara Agar Tetap Sehat Selama Liburan

Attention - Selain musim hujan, musim liburan di akhir pengujung tahun juga akan segera tiba. Nah, perlu Kamu ingat nih bukan hanya destinasi atau rencana liburannya saja yang harus Kamu persiapkan.
Tapi, menjaga kesehatan tubuh saat liburan juga penting untuk dipersiapkan. Jangan sampai setelah liburan, tubuh tidak siap untuk kembali ke rutinitas padatmu. Dilansir dari Forbes, ada beberapa tips yang bisa Kamu lakukan nih.
1. Perhatikan pola makan
Mulai dari jangan berlebihan, hingga perhatikan apa yang ada di piring Kamu. Ini bukan suatu hal yang menyiksa diri dan sulit dilakukan ketika liburan.
Karena menurut Alissa Rumsey, ahli gizi asal New York sekaligus pendiri Alissa Rumsey Nutrition and Wellness, Kamu bisa lakukan dengan cara menikmati apa yang Kamu makan.
Beri perhatian lebih pada rasa, aroma dan tekstur makanan Kamu. Menurut Alissa, hal tersebut akan membuat tubuh Kamu lebih merasa puas dengan apa yang dikonsumsi, dan juga akan lebih mudah merasa kenyang.
2. Tetap berolahraga
Menyisipkan waktu olahraga di tengah libur panjang mungkin menjadi sesuatu yang agak sulit. Untuk tetap termotivasi, buatlah perencanaan olahraga di antara waktu liburanmu.
Misal saja memperpendek durasi olahraganya, mengakali durasi olahraga yang biasanya 30 menit menjadi 15 menit, namun dilakukan pagi dan malam hari.
Kamu juga bisa melakukan jalan kaki dua kali sehari. Intinya adalah memecah waktu olahraga menjadi lebih kecil dengan interval durasi yang bisa menyesuaikan jadwalmu.
3. Meluangkan waktu untuk perhatikan diri
Jangan biarkan kesibukan di momen liburan merenggut kesehatan mental dan emosionalmu. Jangan lupa meluangkan waktu untuk tetap memanjakan dirimu sendiri dengan kegiatan kesukaanmu.
Seperti berbelanja, bermeditasi, nonton film, atau bersosialisasi. Lakukanlah setidaknya satu kali sehari hal yang membuatmu bahagia. Selain itu, jangan lupa untuk tidur cukup.
"Kurang tidur bisa mengubah kadar hormon dengan cara yang memicu kenaikan berat badan. Kurang tidur juga bisa membuat kita menginginkan makanan yang kurang sehat," jelas Alissa.
4. Tetap terhidrasi
Ketika liburan, tak sedikit yang jadi kurang minum. Alissa mengatakan, air mengambil peran 60 persen dari total berat badan dan perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
"Air juga penting untuk beberapa fungsi tubuh, termasuk menjaga cairan-cairan sel dan menghantarkan nutrisi," ujar Alissa.

Jadi, minumlah air putih atau infused water sesering mungkin dan batasi konsumsi minuman tinggi kalori.


Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Untuk Layanan Perbankan, Nasabah BNI tak Perlu Keluar Rumah